Sunday, November 12, 2017

SEPEDA KUMBANG PAK POS

Pada t-shirt yg banyak dijual di Bandung sebagai souvenir, dia diberi nama "Sepeda Ontel".  Kata itu ditempatkan di atas atau di bawah gambar sepeda kuno. Biasanya gambarnya berupa sketsa.

Lain arti sepeda ontel atau sepeda kumbang bagi wisatawan Bandung, lain pula artinya bagi orang Pos seperti diriku ini. Masih ingatkah teman teman dengan sebuah lagu jaman dulu dengan penggalan syairnya "kring kring pos"? Aku lupa judul bahkan syair lengkapnya. Namun aku tak pernah lupa akan image bahwa "kring kring" memang lekat dengan Pak Pos. Pak Pos dengan sepeda kumbang, yang memiliki sejenis tuter berbunyi "kring kring".

Lihatlah sebuah patung di halaman Gedung Pos Ibukota di Jalan Lapangan Banten, Jakarta Pusat. Pada halaman yang berseberangan dengan Lapangan Bandeng eh . . . Banteng, berdiri gagah sebuah sosok berwarna coklat kehitaman. Tampaknya dia terbuat dari metal. Actionnya adalah dia berdiri di sebelah sepeda kumbang, dengan tas yang tersampir di tempat duduk belakang. Tangannya memegang sepucuk surat yang akan diserahkan. Inilah dia Pak Pos jaman dulu.

Tentang Pak Pos, aku pernah membaca artikel bahwa sebelum Pak Pos bersepeda kumbang, ada jaman di mana Pak Pos menunggang kuda. Ini sekitar jaman Deandels. Pikiranku mulai agak nakal. Kemajuan jaman - ketika itu - dari kendaraan kuda ke sepeda kumbang, koq malah tidak membuat proses menjadi efisien. Coba bayangkan betapa beratnya Pak Pos harus mengayuh sepedanya keliling Batavia yang panas, ketimbang berkuda. Pak Pos bisa pingsan kepanasan.

Jaman sekarang sepeda kumbang Pak Pos hanya jadi pengisi museum. Sudah tidak mungkin memakainya mengingat jarak tempuh dan jumlah titik antar. Pak Pos sekarang memakai motor. Motornya juga semakin irit. Mulai dari motor "cowok" yang bongsor (dulu mereknya hanya Suzuki). Lalu ada motor dengan ukuran lebih kecil. Akhirnya sekarang motor matic.

Begitulah cerita tentang sepeda kumbang yang identik dengan kendaraan Pak Pos.

Bandung, 06 05 2016
Lisa Tinaria

No comments:

Post a Comment